Amraini – Learn Sunnah

Amalan Sunnah Sebelum Beranjak Tidur

Video Penjelas (By. Yufid TV)
1. Mengunci pintu.

 Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan dari Jabir –Radhiyallahu Anhu– ia berkata, Rasulullah –Shallallahu alaihi wa Sallam– pernah bersabda,

Matikanlah lentera ketika kalian hendak tidur, kuncilah pintu, rapatkan bejana serta tutuplah tempat makanan dan minuman kalian. (HR. Bukhari no. 5624, dan Muslim no. 2012)

Alasan perintah untuk menutup pintu salah satunya adalah, untuk mencegah syaitan masuk ke dalam rumah, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya pada hadits yang diriwayatkan dari Jabir –Radhiyallahu Anhu–, yaitu:

Dan tutuplah pintumu dengan menyebut asma Allah, karena syaitan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. (HR. Bukhari no. 5623, dan Muslim no. 2012)

2. Mematikan lentera (api)

 Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan dari Jabir –Radhiyallahu Anhu–, sebagaimana disebutkan sebelumnya, yaitu: Matikanlah lentera ketika kalian hendak tidur.

 

Juga hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar –Radhiyallahu Anhuma–, bahwasanya Nabi –Shallallahu alaihi wa Sallam– pernah bersabda, “Janganlah kalian biarkan api menyala pada lentera kalian ketika kalian hendak beranjak tidur.” (HR. Muslim no.2015)

3. Berwudhu sebelum beranjak tidur.

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan dari Al-Bara bin Azib –Radhiyallahu Anhu– bahwasanya Rasulullah –Shallallahu alaihi wa Sallam– pernah bersabda, Apabila kamu hendak beranjak menuju ke pembaringan, maka berwudhulah seperti wudhumu ketika hendak shalat. Lalu berbaringlah dengan sisi kananmu dan ucapkan allahumma inni aslamtu wajhiya ilaika (ya Allah sungguh aku serahkan diriku kepada-Mu)..

(HR. Bukhari no. 247, dan Muslim no. 2710)

4. Mengibaskan tempat tidur sebelum merebahkan diri.

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah –Radhiyallahu Anhu– ia berkata, Nabi –Shallallahu alaihi wa Sallam– pernah bersabda,

Apabila salah seorang di antara kalian hendak beranjak menuju tempat tidurnya, maka hendaknya ia mengibaskan tempat tidurnya dengan bagian ujung kainnya, karena ia tidak tahu apa yang telah menempatinya sejak ia tinggalkan. Lalu ucapkanlah olehnya, bismika rabbi wadha’tu janbi (dengan menyebut asma-Mu ya Allah aku rebahkan tubuhku).. (HR. Bukhari no. 6320, dan Muslim no. 2714)

5. Berbaring dengan sisi kanan tubuh berada di bawah (miring ke kanan)

Penjelasan ada pada poin ke-6.

6. Meletakkan tangan kanan di bawah pipi yang kanan (sebagai alasnya)

Dalil untuk kedua sunnah ini adalah hadits yang diriwayatkan dari Al-Bara bin Azib –Radhiyallahu Anhu– bahwasanya Rasulullah –Shallallahu alaihi wa Sallam– pernah bersabda,

Apabila kamu hendak beranjak menuju ke pembaringan, maka berwudhulah seperti wudhumu ketika hendak shalat. Lalu berbaringlah dengan sisi kananmu dan ucapkan: allahumma inni aslamtu wajhiya ilaika (ya Allah sungguh aku serahkan diriku kepada-Mu)..

(HR. Bukhari no.247, dan Muslim no.2710)

7. Membaca zikir sebelum tidur.

Ada beberapa zikir yang disunnahkan untuk dibaca sebelum tidur, sebagiannya berasal dari ayat-ayat Al-Qur’an dan sebagian lainnya berasal dari hadits. 

Berikut link dzikir dan doa sebelum tidur:


Artikel Lainnya

Scroll to Top